Wisata BJBR Probolinggo, Menikmati Hamparan Hijau Hutan Mangrove

Wisata Hutan Mangrove atau biasa dikela dengan BJBR ini memiliki luas sekitar 5 hektar tumbuhan magrove yang terletak di pesisir pantai, wisata ini termasuk salah satu ditinasi wisata favorit yang ada di Kota Probolinggo, pada mulanya kawasan Wisata BJBR Probolinggo adalah hutan bakau Muara Kali Banger adalah sebuah tempat kumuh yang dipenuhi dengan sampah, namun berkat ide 3 pemuda yang gemilang tempat itu, tempat ini di sulap menjadi kawasan wisata yang menarik dan eksotis bahkan hingga keseluruh kota di Indonesia.

Lokasi Wisata BJBR

Untuk lokasi kawasan Wisata BJBR sendiri terletak di sebelah utara Alun Alun Kota Probolinggo, lebih tepatnya di Pesisir pantai Mayangan dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Alun Alun Kota Probolinggo dengan akses jalan yang telah mudah untuk ditemukan. Saat anda berkunjung ke sana, warga di sana akan lebih mengenal BJBR dengan sebutan Pelabuhan Mayangan, Karena warga sekitar mengenal akrab dengan sebutan Pelabuhan Mayang jadi bila anda bertanya pada warga sekitar tentang lokasi BJBR pasti tidak akan tahu.

Objek Wisata BJBR – Desain Yang Eksotis

Wisata ini cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu dengan orang tercinta, dengan tata hutan mangrove yang di buat unik membuat wisatawan betah berlama-lama disana, dimana dapat berjalan-jalan mengililingi hijaunya hutan mangrove melalui sebuah jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa.

Suasana yang hening dan udara yang sejuk ditambah lagi semilir angin berhembus perlahan menambah pengunjung semakin betah. Selain itu juga terdapat bangku kecil disetiap sudut belokan yang dapat anda gunakan untuk bersantai ketika lelah berkeliling. Wisata Alam BJBR Probolinggo sangat bagus untuk dijadikan objek Fotografi. Indahnya tanaman mangrove yang berjajar dan diatur sangat rapi disertai dengan jalan setapak yang terbuat dari kayu, sangat pas untuk di jadikan latar belakang foto pra-wedding atau sekedar foto selfie bersama dengan pasangan. 

Baca Juga  Pesona Wisata Gianyar Bali, 7 Tempat Paling Menarik dan Wajib di Kunjungi

Sejarah Wisata Wisata BJBR

BJBR Probolinggo ini mulai di bangun sejak tahun 2013, dan langsung mendapatkan respon yang positif oleh para wiatawan, berita tentang keberadaan tempat wiata ini pun terdengar luas dengan sangat cepat, tak hanya wisatawan daerah namun juga banyak dikunjungi wasatawan luar daerah. Tak heran bila saat liburan banyak sekali wisatawan yang berkunjung pada Wisata Hutan Mangrove ini.

 Beberapa Spot Foto Pada Objek Wisata BJBR

  • Gembok Cinta BJBR : Objeck salfie yang satu ini mempunyai nilai mistis, banyak pasangan muda mudi yang memasangkan gembok dengan menuliskan namanya, menurut kepercayaan maka hubungan kedua pasangan tersebut akan langgeng selamannya, sebenarnya memiliki filosofi tersendiri setiap gembok pada umumnya memiliki kunci yang pas untuk membuka. Begitu pula hati kita hanya memiliki satu tempat untuk orang yang pas dengan kita
  • Patung Kuda BJBR : Terdapat pada bagian pintu masuk BJBR, patung yang sangat unik ini terbuat dari kumpulan pipa-pipa besi dan dijadikan spot berfoto ria oleh beberapa penggunjung 
  • Miniatur Kapal Pinisi BJBR :  Replika sebuah patung Kapal Pinisi ini dibuat untuk mengingatkan tentang sejarah yang ada pada masa lalu. Untuk mereka yang sebelumya hanya dapat melihatnya melalu gambar, tetapi pada lokasi tempat wisata NJNR Probolinggo ini bisa melihatnya secara langsung dan nyata meskipun patung yang dibuat hanyalah replika tetapi tampak seperti nyata.
  • Pemandangan laut dan Gunung BJBR : Dibangun tepat di sebuah pantai, Wisata BJBR Probolinggo ini sangat tepat bagi anda yang suka berfoto, karena dengan latar belakang Pohon Bakau, laut, Serta Gunung bisa menjadi beckgrund yang cantik untuk foto kalian
  • Patung Bola Dunia BJBR : Sebuah patung Dunia Yang tampak melayang dengan semburan air. Patung ini hampir mirip dengan patung bola duniyang ada pada Universal Studio Singapura.
Baca Juga  Pesona Wisata Gianyar Bali, 7 Tempat Paling Menarik dan Wajib di Kunjungi

Tiket Masuk Wisata BJBR

Terdapat 3 jenis tiket yang dikenakan kepada wiatawan yang berkunjung ke BJBR Probolinggo yang perlu diketahui :

  • Tiket masuk gerbang depan pelabuhan : Rp.3000
  • Tiket masuk wisata BJBR : Rp.1000
  • Tiket parkir kendaraan : Rp.2000

Harga tiket dihari biasa total hanya menghabiskan RP.15.000 di hari biasa

  • Senin – Jumat : Rp.15.000
  • Sabtu – Minggu : Rp.30.000

Untuk kamu yang berasal dari Kab Probolinggo kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 50% dengan memberikan foto copy KTP. Harga tiket tersebut berlaku per orang dan untuk semua orang yang berusia lebih dari 3 tahun. untuk yang berusia 2 – 3 tahun mendapatkan potongan 50% sedangkan 0 – 1 tahun gratis. Biasanya tiket Wisata BJBR Probolinggo akan naik pada waktu liburan tiba serta perlu diketahui kemungkinan adanya perubahan harga tiket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *